Abstrak

Standard

Judul Esai    : Partisipasi Remaja Dalam Pembangunan Proyek
Percontohan Pengelolaan Sampah Terintegrasi (PST)
Menjadi Sebuah Situs Ekowista (Sebuah Studi Kasus di
Banjarsari, Cilandak Barat, Jakarta Selatan)
Penulis            : Mohammad Reiza
Nomor Mahasiswa    : 009 2003 00020
Fakulatas/Jurusan    : Komunikasi / Public Relations
(vi + 31 halaman, 1 gambar)

Bab ini merupakan ringkasan empat bagian isi yang ada di karya tulis ini yang terdiri dari Pendahuluan, Telaah Pustaka, Metode Penelitian dan Pembahasan.

Dalam bagian Pendahuluan dipaparkan bahwa partisipasi remaja menjadi bagian penting hampir di setiap sektor pembangunan. Peranserta remaja memberikan dampak positif terhadap keberhasilan pembangunan Pengelolaan Sampah Terpadu (PST) di Banjarsari yang berubah menjadi sebuah situs ekowisata. Satu pertanyaan diajukan untuk mempelajari lebih jauh tentang hubungan kampanye komunikasi efektif, partisipasi remaja dan lingkungan hidup: “Apakah kampanye komunikasi yang tepat mampu meningkatkan partisipasi remaja untuk membangun proyek percontohan PST menjadi situs ekowisata?” Karya tulis ini mempelajari bagaimana kampanye komunikasi diaplikasikan di masyarakat dengan tingkat kemajemukan yang tinggi dilihat dari karakteristik dan latar belakang dalam pembangunan lingkungan hidup berkelanjutan dengan harapan untuk meningkatkan tingkat partisipasi remaja di Kampung Banjarsari.

Menurut Wirjoatmodjo (2002), komponen darat dari proyek percontohan UNESCO mengenai Pengurangan Dampak Kota Besar pada Lingkungan Laut memiliki tiga area utama kegiatan: (1) Pembangunan Sebuah Model Kerja untuk Pengelolaan Sampah di Komunitas Lokal, (2) Pembangunan Sebuah Model Kerja untuk Pengelolaan Sampak Organik di Pasar Tradisional, (3) Pendidikan Lingkungan Hidup dan Pengenalan Pengelolaan Sampah dan Prinsip-Prinsip Daur Ulang Kepada Pelajar, Remaja dan Kelompok Masyarakat. Menurut Shea dan Townsend (2005), kampanye komunikasi yang paling sukses adalah mendifinisikan dengan tepat target komunikasi mereka dan membangun pesan-pesan yang sesuai untuk mereka. Target komunikasi di dalam karya tulis ini sudah bisa diidentifikasikan dengan mudah, yaitu remaja. Data dari “Independent Sector” menunjukkan bahwa anak-anak dan remaja yang terlibat di dalam pelayanan pada usia dini mengarah kepada internalisasi sikap filantropis yang berlangsung hingga usia dewasa dan diturunkan ke generasi berikutnya (Toppe, C., & Golombek, S., 2002).

Metoda penulisan yang digunakan dalam karya tulis ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan tipe penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kualitatif, di mana peneliti-peneliti mendeskripsikan atau mengkonstruksikan wawancara-wawancara mendalam terhadap subjek penelitian. Hasil wawancara ini kemudian dianalisis dan diinterpretasikan dengan menggunakan kategori-kategori analisis (filling system) yang telah ditentukan dalam analisis domain.

Karakteristik dan ciri demografis Kampung Banjarsari merupakan kelompok masyarakat yang heterogen, dilihat dari tingkat pendidikan, pekerjaan dan ekonomi. Hal ini mempengaruhi para remaja di Banjarsari dalam menyikapi status kampung ini sebagai proyek percontohan PST. Karya tulis ini memberikan simpulan, diantaranya tingkat pendidikan, pekerjaan dan penghasilan remaja berpengaruh pada tingkat partisipasi mereka dalam pembangunan lingkungan hidup serta klasifikasi mereka di dalam struktur masyarakat. Akhirnya, karya tulis ini juga memberikan beberapa saran, diantaranya meningkatkan kualitas media kampanye komunikasi yang telah digunakan dengan memberikan pelatihan Desktop Publishing kepada remaja dan kesempatan untuk menerbitkan Buletin Banjarsari. Dari sini akan terjadi transfer teknologi komunikasi informasi yang mampu mendukung pembangunan lingkungan hidup berkelanjutan.

About Mohammad Reiza

I first started blogging on wordpress in November 2006 that you can find at mohammadreiza.com and later in January 2007 I added another blog at reizamohammad.wordpress.com and I just recently added another blog in May 2013 at reizamonologues.wordpress.com

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s