Kata Pengantar

Standard

Partisipasi remaja telah menjadi bagian yang sangat penting dalam kesuksesan pembangunan nasional. Keaktifan remaja dalam mengusahakan keberhasilan pengerjaan proyek percontohan Pengelolaan Sampah Terpadu (PST). Pemikiran remaja harus diperhitungkan dalam setiap aspek pembangunan dan proses pembuatan keputusan. Hal ini ditujukan untuk mengikutsertakan remaja pada rencana pembangunan nasional sebagai salah satu anggota masyarakat.

Pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan menjadi kunci utama dalam kesuksesan pembangunan. Kondisi lingkungan yang terkendali akan mendukung keberhasilan pembangunan di sektor lainnya seperti kesehatan masyarakat dan sistem tata kota yang terstruktur.

Keberhasilan Banjarsari mengelola proyek percontohan PST tidak lepas dari peran serta remaja. Dengan dukungan UNESCO, dari tahun 2002 hingga 2003 jumlah orang yang datang ke Banjarsari untuk mengikuti pelatihan PST mencapai lebih dari 2.500 orang. Pelatihan ini diadakan supaya mereka mampu menerapkan pelatihan tersebut di lingkungan mereka di berbagai daerah di nusantara.

Dinas Pariwisata DKI pada tahun 2002  telah menetapkan Banjarsari sebagai salah satu tujuan ekowisata di Jakarta Selatan. Keputusan ini dibuat dengan pertimbangan untuk menjadikan Kampung Banjarsari sebagai media pendidikan lingkungan hidup bagi masyarakat banyak. Dengan demikian karakteristik Banjarsari mengalami perubahan dari sebuah proyek percontohan PST menjadi sebuah situs ekowisata di Cilandak Barat.

Remaja memiliki hubungan dan tanggung jawab khusus dalam kaitan dengan lingkungan hidup. Beberapa resiko dan bahaya lingkungan hidup secara tidak beralasan mempengaruhi remaja yang hidup untuk beberapa periode ke depan dengan kondisi lingkungan hidup yang memburuk yang diakibatkan oleh generasi sebelumnya. Remaja dituntut untuk terlibat dalam hal-hal baru yang akan menghasilkan respon efektif dalam tantangan ekologi.

Hal ini menunjukkan hubungan yang erat antara generasi muda – remaja – dengan lingkungan hidup, karena remaja memiliki hak untuk menentukan kondisi lingkungan yang akan mereka tempati dengan sikap yang mereka lakukan saat ini.

About Mohammad Reiza

I first started blogging on wordpress in November 2006 that you can find at mohammadreiza.com and later in January 2007 I added another blog at reizamohammad.wordpress.com and I just recently added another blog in May 2013 at reizamonologues.wordpress.com

2 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s